Ar sAhih Access
Tongkrongan anak Teknologi Informasi yang berjiwa Islami!!!

SMK N 1 CIREBON

SMK Negeri 1 Cirebon didirikan kira – kira akhir tahun 1955 dengan status sekolah Filial S.E.P.T. Bandung di cirebon, ditetapkan sebagai suatu Surat Keputusan dari Kementrian P.P.K.K tanggal 30 September 1955 No. 4984/B/3.
Untuk mencari ruang belajar sekolah S.K.P Cirebon pada waktu itu membantu dengan beberapa ruangan, dan dari SMEP dapat 3 Ruangan. Untuk tenaga – tenaga pengajar di bantu dari S.D.B dan SMA, sedangkan untuk pegawai Tata Usaha dibantu dari S.T yaitu : Moch.Hasjim yang mulai masuk 1/II/1995

SMK Negeri 1 Cirebon didirikan kira – kira akhir tahun 1955 dengan status sekolah Filial S.E.P.T. Bandung di cirebon, ditetapkan sebagai suatu Surat Keputusan dari Kementrian P.P.K.K tanggal 30 September 1955 No. 4984/B/3.
Untuk mencari ruang belajar sekolah S.K.P Cirebon pada waktu itu membantu dengan beberapa ruangan, dan dari SMEP dapat 3 Ruangan. Untuk tenaga – tenaga pengajar di bantu dari S.D.B dan SMA, sedangkan untuk pegawai Tata Usaha dibantu dari S.T yaitu : Moch.Hasjim yang mulai masuk 1/II/1995.
Kepala Sekolah SMEP pada waktu itu juga membantu memberikan ruangan untuk praktek perbengkelan di Jl. Kesambi. Selain itu juga ( SMK N 1 Cirebon ini dahulu ) mendapat bantuan dari kepala – kepala sekolah lanjutan, instansi – instansi terkait, akhirnya mendapat 2 ruangan ( sehingga menjadi 5 rangan ). Pada SMEP Cirebon untuk ruangan teori, 3ruangan di S.T Cirebon untuk ruangan teori, 2 ruangan dari D.P.U di Jl. Kesambi untuk ruangan praktek. Sedangkan untuk kantor atau Tata Usaha, 2 keluarga guru merelakan beberapa ruangan dari tempat tinggalnya.di Jl. Lawang Gada No. 99.
Pada tanggal 1 Februari 1956 KBM pada Filial S.E.P.T Cirebon ini di buka, kemudian atas inisiatif Bapak makmur ( Kepala SMA ) dan Bapak Wachyono ( Perwakilan PPK Djabar ), akhirnya mendapatkan gedung di Jalan Perjuangan dengan Surat Keputusan dari Perwakilan Kem. PPK tanggal 9 Februari 1959 No. 906 / D – 2 .
Pada tanggal 1 Februari 1959 kelas pertama hanya 2 kelas Jurusan Bangunan Kapal sebanyak 13 siswa. Pada tahun berikutnya 18 orang siswa, dari 31 orang siswa yang lulus pertama kali adalah 28 orang.

Pada tahun berikutnya terdiri dari 17 orang dengan 2 kelas :
– Bangunan Kapal
– Mesin – mesin kapal
Karena kurangnya tenaga guru yang berkualitas pada Jurusan bangunan Kapal dan karena belum banyak adanya S.T-2 dan S.K – 2 yang punya jurusan bagian bangunan kapal dan mesin kapal, maka Filial S.E.P.T bandung di cirebon di ubah menjadi STM (Sekolah Teknik Menengah ).
Adapun pembentukan STM yang berdiri sendiri ini sebagai ganti dari Filial S.E.P.T Bandung di Cirebon di tetapkan dengan S.P Kem PPK tentang Djakarta 1959 NO.160/B-XX3. Untuk tahun ajaran 1959 – 1960 angkatan pertama jumlah siswa dengan rincian sebagai berikut :
– Kelas I bagian Bangunan Kapal = 2 Kelas = 40 Siswa
– Kelas I Mesin Kapal = 2 Kelas = 40 Siswa
– Kelas II banguna Kapal = 1 Kelas = 14 Siswa
– Kelas II Mesin Kapal = 1 Kelas = 8 Siswa
– Kelas III Bangunan Kapal = 1 Kelas = 3 Siswa
– Kelas III Mesin Kapal = 8 Kelas = 123 Siswa

Pada tahun 1997 STM Negeri Cirebon berubah menjadi SMK N 1 Cirebon ( Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cirebon ) berdasarkan Keputusan Menteri PPK RI No. 036/ 0 / 1997.
SMK N 1 Cirebon mempunyai berbagai sarana penunjang Pendidikan antara lain : masjid, ruang teori untuk proses KBM sebanyak 22 ruangan, ruang bengkel terdiri dari 4 ruangan diantaranya ruang bengkel listrik, ruang bengkel bangunan, ruang bengkel otomotif dan ruang bengkel mesin, ruang praktek laboratorium,ruang gambar 4 ruangan, ruang studio gambar, ruang OSIS, ruanga BP/BK, ruang ekstra pramuka, ruang PMR, ruang pecinta alam, ruang Paskibra, dan ruang perpustakaan.
Sejak awal berdirinya SMK Negeri 1 Cireobn sampai sekarang jabatan Kepala Sekolah sudah silih berganti, berikut ini adalah nama – nama Kepala Sekolah yang pernah menajabat di SMK Negeri 1 Cirebon, yaitu :
1. R. Arul Mach.Garullah : 1961 – 1974
2. Eso S. Noermawijaya : 1974 – 1983
3. Hadiwasito Markam : 1983 – 1992
4. Drs. H. Agus Adhari : 1992 – 1998
5. Drs. H.M. Afandi : 1998 – 2003
6. Drs. Uun Jujun Efendi, M.Pd : 2000 – sampai sekarang

Kegiatan organisasi siswa dari sejak berdirinya SMK Negeri 1 Cireon selalu meraih prestasi. Setelah itu berturut -turut prestasi demi prestasi di raih oleh civitas SMK Negeri 1 Cirebon baik bidang akademik maupun ekstra kurikuler yang semakin mengharumkan dan mempopulerkan nama SMK Negeri 1 Cirebon, sehingga menjadi sekolah harapan dan kepercayaan bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Generasi demi generasi terus silih berganti menyempurnakan dan menyemarakkan perjalanan SMK Negeri 1 Cirebon , dengan segala suka dan dukanya hingga usianya yang sekarang ini.
Dalam kegiatan Belajar Mengajar, Siswa dari kelas I, II, III tidak hanya menempati satu ruangan saja, uniknya setiap mata pelajaran berlangsung proses KBM selalu berpindah – pindah kelas. Ini bertujuan agar siswa tidak jenuh dalam melaksanakan KBM

Belum Ada Tanggapan to “SMK N 1 CIREBON”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: